Pada 1 September lalu, SMA Negeri 9 Yogyakarta genap berusia 66 tahun. SMAN 9 Yogyakarta menyelenggarakan serangkaian acara yang diprakarsai oleh Nine Event.Acara ini dinamakan ‘ANINEVERSARRY #66’. Meskipun puncak acara ini adalah tanggal 1 September 2018, tetapi acara ini sudah dimulai sejak tanggal 28 Agustus 2018 dengan penyisihan lomba futsal. Lomba futsal dilakukan oleh semua kelas dari kelas sepuluh sampai kelas dua belas. Semifinal dari lomba ini adalah tanggal 31 Agustus 2018 dan finalnya pada tanggal 3 September 2018.
Pada hari Jumat, 31 Agustus 2018 diadakan jalan sehat yang melewati jalan-jalan di sekitar SMA Negeri 9 Yogyakarta. Acara di hari ini dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Setelah jalan sehat, ada pemotongan kue yang dilakukan oleh Bapak Jumadi selaku kepala SMAN 9 Yogyakarta. Setelah itu, juga diadakan berbagai lomba, salah satunya adalah lomba akustik yang dilaksanakan setelah shalat Dhuhur.

Sebenarnya, di jadwal tertulis bahwa lomba akustik diadakan pukul 10.35, tetapi karena ada beberapa kendala baru dimulai setelah waktu dhuhur. Penampilan para peserta lomba sangat menarik para audience. Para penonton sangat antusias hingga berjoget-joget ria di depan panggung.
Pada malam minggu, tepatnya tanggal 1 September 2018, diadakan pemotongan tumpeng yang diikuti oleh para guru dan pengurus osis. Acara ini dimulai dengan pembukaan. Setelah itu ada nawawitra, potong tumpeng, dan yang terakhir adalah penutupan.

Pada hari terakhir, yaitu tanggal 3 September 2018, diadakan upacara peringatan hari ulang tahun SMA Negeri 9 Yogyakarta yang diikuti oleh semua guru, siswa, dan karyawan. Semua warga sekolah diwajibkan menggunakan pakaian adat jawa, kecuali untuk para panitia acara.
Setelah upacara, diadakan lomba masak antarkelas di lapangan upacara SMA Negeri 9 Yogyakarta. Para siswa SMA Negeri 9 Yogyakarta sangat antusias mengikuti lomba masak. Mereka membuat masakan yang enak.

Bersamaan dengan lomba masak, juga ada lomba estafet tepung, makan kerupuk, dan estafet sarung. Lomba ini juga sangat seru, terutama untuk lomba kerupuk yang kakinya harus dinaikturunkan. Setelah lomba-lomba, para siswa beristirahat dan beribadah.
Pada pukul 12.40, ada penampilan antar angkatan yang dimulai dari angkatan ‘21 yang menampilkan band yang dimana Sendy sebagai vokalis. Setelah itu, ada angkatan ‘20 dan ‘19. Para penonton ada yang mendekati panggung dan juga ada yang menjauhi panggung karena kepanasan.
Acara ini selesai pada pukul 15.30. Penampilan terakhir adalah dari Trappsila Dance Crew yang menampilkan dance Blackpink dan modern dance. Penampilan TDC inilah yang ditunggu-tunggu oleh para penonton yang juga menutup acara ANINEVERSARRY #66.