Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentuksn kelayakan dan kinerja sekolah.

Akreditasi sekolah bertujuan untuk : (a) menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan (b) memperoleh gambaran tentang kinerja sekolah. Sedangkan fungsi akreditasi adalah : (a) untuk pengetahuan, yakni dalam rangka mengetahui bagaimana kelayakan & kinerja sekolah dilihat dari berbagai unsur yang terkait, mengacu kepada baku kualitas yang dikembangkan berdasarkan indikator-indikator amalan baik sekolah, (b) untuk akuntabilitas, yakni agar sekolah dapat mempertanggungjawabkan apakah layanan yang diberikan memenuhi harapan atau keinginan masyarakat, dan (c) untuk kepentingan pengembangan, yakni agar sekolah dapat melakukan peningkatan kualitas atau pengembangan berdasarkan masukan dari hasil akreditasi.

Senin, 15 April 2019 SMA Negeri 9 Yogyakarta dilakukan visitasi Akreditasi Sekolah oleh dua asessor DIY yang berasal dari Kulonprogo yaitu: Drs. Sudarmadi, M.Pd.Si dan Drs. Agus Heri Budi Wiyono, M.Pd. Adapun susunan acara yang dilakukan meliputi: (1) Pembukaan; (2) Menyanyikan lagu Indonesia Raya; (3) Sambutan Asessor; (4) Sambutan dan pemaparan profil sekolah oleh Bapak Drs. Jumadi, M.Si; (5) Doa oleh Bapak Budi Sarwanto, S.Ag., M.Si; (6) Penutup; dan (7) Kunjungan ke lapangan dan proses penilaian.

Dalam sambutannya, Drs. Sudarmadi, M.Pd.Si menyampaikan bahwa tugas assesor adalah memotret kondisi nyata di sekolah sesuai apakah sudah sesuai dengan Standar Nasional yang dipersyaratkan sebagaimana sudah tertuang dalam Juknis Akreditasi Sekolah/Madrasah. Selanjutnya dalam kunjungan lapangan, assesor mengamati dan melihat secara langsung sarana dan prasarana SMA Negeri 9 Yogyakarta.

Kegiatan penilaian di hari pertama dapat menyelesaikan Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan; Standar Penilaian; Standar Pembiayaan dan Standar Sarana Prasarana. Tim Akreditasi memfasilitasi, melayani, menjawab dan semua pertanyaan tim assesor dengan baik. Agenda visitasi pada hari kedua adalah Supervisi Pembelajaran dilanjutkan pengecekan dokumen Standar Proses dan Standar Pengelolaan.