Art and Culture Day (AACD) merupakan kegiatan dalam upaya menampilkan kreativitas peserta didik dalam bidang seni dan budaya. AACD rutin dilaksanakan setiap tahun. Pada tahun-tahun sebelumnya AACD selalu dilaksanakan di luar sekolah. Pada tahun ini kegiatan AACD dilaksanakan di sekolah selama 2 (dua) hari.
AACD hari pertama dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Oktober 2019 mulai pukul 10.00. Adapun beberapa kegiatan yang ditampilkan pada hari pertama meliputi: Lomba Tari Kreasi, Festival Gamelan dan Gelar Budaya Wayang Kulit ringkas dengan menampilkan 2 dalang sekaligus Ki Raka Riyanto, S.Pd (guru) dan Ni B. Astri Putri N (siswa).
Pagelaran wayang ringkas mengambil judul Aji Narantaka. Secara ringkas, lakon Aji Narantaka mengisahkan tentang Raden yang Gatotkaca mengajak saudara-saudaranya, para putra Pandawa, mengadakan latihan perang di Tegal Kurusetra. Latihan perang ini dianggap sebagai provokasi oleh pihak Kurawa. Prabu Anom Duryudana lalu memerintahkan para putra Kurawa di bawah pimpinan Dursala, putra Dursasana, untuk membubarkan latihan perang itu.

Di Tegal Kurusetra Dursala menyampaikan perintah Duryudana untuk membubarkan latihan perang kepada Raden Gatotkaca dan saudara-saudaranya. Gatotkaca dan saudara-saudaranya menolak perintah itu. Akibatnya pecah perang di antara mereka. Dalam perang tanding, Dursala menggunakan Aji Gineng, sehingga Gatotkaca toboh, terluka berat. Para putra Pandawa mengundurkan diri dari gelanggang, sedangkan Antareja membawa tubuh Gatotkaca ke tempat yang aman. Antareja lalu mengobati Gatotkaca hingga sembuh.

Setelah sembuh Gatotkaca bertekad untuk membalas kekalahannya. Ia lalu berguru pada Resi Seta. Sang Resi memberinya ilmu sakti bernama Aji Narantaka. Dalam perjalanan mencari Dursala untuk membalas dendam, Gatotkaca bertemu dengan Dewi Sumpani. Wanita ini ingin diperistri, tetapi Gatotkaca memberi syarat, jika wanita itu dapat menahan pukulan dengan Aji Narantaka, Gatotkaca bersedia memperistrinya. Dewi Sumpani ternyata kuat, karena itu Gatotkaca menerimanya sebagai istri. Setelah bersua dengan Dursala, terjadi lagi perang tanding di antara mereka. Dursala kalah dan tewas seketika terkena Aji Narantaka.

Sedangkan, AACD hari kedua dilaksanakan pada hari minggu, 6 Oktober 2019 mulai pukul 12.30 dengan menampilkan beberapa kreativitas dari kegiatan ekstrakurikuler: Tari, Paduan Suara, dan Trappsila English Club. Selain itu juga akan diadakan pengumuman pemenang lomba dan pentas Band dari kreativitas siswa dan bintang tamu.