Briefing merupakan komunikasi tatap muka yang efektif dan cepat untuk menjalankan tugas sehari-hari. Para leader selalu menggunakan komunikasi briefing, untuk menyampaikan langsung kebutuhan dan informasi kepada guru dan karyawan. Komunikasi briefing menjadikan leader dan tim selalu berhubungan, dan memastikan bahwa tujuan dan target masih dalam satu visi, satu misi, dan satu bahasa kerja. Komunikasi briefing menyediakan ruang untuk saling mengklarifikasi dan menguatkan etos kerja. Pemimpin yang profesional memiliki etos komunikasi yang cepat, tepat, efisien, efektif, dan memiliki daya dorong untuk pencapaian terbaik.
Hal ini pula yang dilakukan oleh Bapak Kepala SMAN 9 Yogyakarta Drs. Jumadi, M.Si pagi ini, rabu 9 Oktober 2019. Dalam briefing ini, beliau mengatakan "Dalam hal dunia, lihatlah orang-orang yang lebih susah dari kita. Dengan demikian kita bisa menjadi pribadi yang banyak bersyukur". Kepala Sekolah juga menyampaikan beberapa agenda ke depan yang harus disiapkan dengan baik, diantaranya: (1) Penilaian Kinerja Guru; (2) Penyusunan PAK (Penilaian Angka Kredit) guru; (3) Pentingnya pembiasaan dan budaya lingkungan yang baik, lebih-lebih sebagai sekolah dengan predikat Sekolah Adiwiyata Nasional.
Penilaian Kinerja Guru, sebagai salah satu lampiran yang harus ada dalam penilaian Angka Kredit harus segera dilakukan. PKG akan dimulai pada tanggal 14 Oktober 2019, untuk itu Bapak/ibu guru diharapkan mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Dengan jumlah assesor PKG sebanyak 8 guru, maka pelaksanaan PGK dapat dilakukan dalam 3-4 hari. Diharapkan, nilai PKG dapat terselesaikan sebelum tanggal 20 Oktober 2019. Terkait PAK, Bapak kepala sekolah mengharapkan semua guru untuk mempersiapkan dan mengajukan PAK Tahunan. Setiap guru diharapkan menyelesaikan dokumen PAK sedini mungkin, sehingga tanggal 25 Oktober 2019 sebagai batas akhir pengajuan PAK Tahunan, dokumen sudah siap dan tinggal mengantar ke Balai Dikmen.
Kesempatan briefing ini juga dimanfaatkan beberapa guru dan karyawan untuk menyampaikan pertanyaan dan usulan. Dra. Tri Noor Hidayatie (guru bahasa perancis) sekaligus Kepala Perpustakaan, menyampaikan bahwa beliau sudah menjabata sebagai kepala Perpustakaan cukup lama sehingga perlu disiapkan kader yang akan menggantikan beliau apabila telah pensiun nanti. Bapak Budi Sarwanto, S.Ag., M.Si menyampaikan perlunya keterbukaan informasi kepada peserta didik utamanya dalam hal ketugasan mengajar.
Suasanya keakraban dalam briefing, menggugah semangat kerja dalam bingkai kekeluargaan yang lebih erat. Semoga, briefing pagi ini memberikan dampak baik bagi kemajuan pendidikan utamanya di SMAN 9 Yogyakarta. aamiin.