Senin, 7 Oktober 2019 SMA Negeri 9 Yogyakarta kembali menggelar pesta demokrasi. Pemilihan ketua OSIS merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan sekolah. Setelah melalui tahapan seleksi calon ketua OSIS, maka ditetapkanlah 5 calon ketua OSIS. Kelima calon ketua OSIS tersebut, berturut-turut adalah : (1) Muhammad Jovita - X MIPA 1; (2) Intan Nur Sya' Baningsih - X MIPA 5; (3) Adibah Intan Ratri - XI MIPA 2; (4) Cira Athifa Hapsari - X MIPA 1; dan (5) Muhammad Farkhan - XI MIPA 3.


Sebelum dilakukan proses pemilihan ketua OSIS dengan menggunakan Sistem Komputer, terlebih dahulu dilakukan orasi oleh calon ketua OSIS. Masing-masing calon diberikan kesempatan untuk memaparkan visi, misi dan program kerja. Selesai orasi masing-masing calon wajib menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh civitas akademika SMAN 9 Yogyakarta yang terdiri dari unsur Guru, Karyawan dan Siswa. Berbagai pertanyaan kritis dan tajam diajukan kepada masing-masing calon. Jawaban, solusi dan kemampuan problem solving dari calon ketua OSIS menjadi bagian penting yang dapat mempengaruhi civitas akademika untuk memilih.

Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) yang telah melakukan tahapan seleksi dari awal sampai akhir telah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Selesai orasi, dilanjutkan dengan proses pemilihan secara online. Adapun jumlah pemilih yang terdiri guru, karyawan dan siswa secara total adalah 709 pemilih. Jumlah tersebut terdiri atas 49 guru, 25 karyawan dan 635 siswa.