Visi dan Misi
VISI
Berakhlakulkarimah, unggul dalam iptek, berbudaya, dan arif terhadap lingkunganBerakhlakulkarimah, unggul dalam iptek, berbudaya, dan arif terhadap lingkungan.
Indikator Pencapaian Visi:
- Terwujudnya peserta didik yang beriman, bertaqwa, dan berbudi pekerti luhur (representasi dari dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia);
- Terwujudnya peserta didik yang kreatif dan inovatif untuk menjadi unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (representasi dari dimensi Kreatif, Mandiri, dan Bernalar Kritis)
- Terwujudnya peserta didik yang berbudaya dan berkepribadian Nasional (representasi dari dimensi Bergotong-royong, Berkebhinekaan Global)
- Terwujudnya peserta didik yang peduli lingkungan (representasi dari dimensi Bergotong-royong, Bernalar Kritis, Kreatif, Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia)
Misi
- Menumbuhkan keimanan dan ketakwaan melalui pengamalan ajaran agama (representasi dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia);
- Mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, emosional, intelektual, dan keterampilan peserta didik (representasi dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Bernalar kritis, Kreatif);
- Mengembangkan sistem pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, menyenangkan, berkeunggulan lokal dan global berbasis teknologi informasi (representasi dimensi Bernalar kritis, Kreatif, Berkebhinekaan Global);
- Menumbuhkan perilaku yang berbudaya (representasi Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Bergotong-royong, Berkebhinekaan Global);
- Membudayakan senyum, sapa, salam, sopan santun (representasi dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global);
- Mengembangkan lingkungan belajar yang bersih, sehat, nyaman, aman, tertib, dan menyenangkan (representasi dimensi Bergotong-royong, Bernalar Kritis, Kreatif, Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia);
- Membudayakan sikap dan perilaku peduli lingkungan (representasi dimensi Bergotong-royong, Bernalar Kritis, Kreatif, Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia);
- Memberdayakan lingkungan sekolah sebagai media dan sumber belajar (representasi dimensi Bergotong-royong, Bernalar Kritis, Kreatif, Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia).
Indikator Pencapaian Misi:
- Menumbuhkan keimanan dan ketakwaan melalui pengamalan ajaran agama (representasi dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia);
- Peserta didik berdoa sebelum melakukan aktivitas belajar
- Peserta didik beribadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing
- Peserta didik mengikuti kegiatan IMTAQ dengan penuh kesadaran
- Peserta didik memiliki empati untuk berbagi ke sesama manusia terhadap berbagai kesulitan hidup dan bencana alam yang terjadi
- Mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, emosional, intelektual, dan keterampilan peserta didik (representasi dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Bernalar kritis, Kreatif);
- Peserta didik memiliki sikap dan perilaku yang berbudi pekerti luhur
- Peserta didik perperan aktif dalam kegiatan sosial di sekolah dan masyarakat
- Lulusan yang diterima di perguruan tinggi negeri (baik dalam maupun luar negeri) selalu meningkat
- Peserta didik berprestasi dalam berbagai lomba baik di tingkat kota, provinsi, nasional maupun internasional
- Mengembangkan sistem pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, menyenangkan, berkeunggulan lokal dan global berbasis teknologi informasi (representasi dimensi Bernalar kritis, Kreatif, Berkebhinekaan Global);
- Peserta didik mampu memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran
- Peserta didik mampu menerapkan teknologi informasi dalam memecahkan masalah sehari-hari
- Peserta didik mampu menghasilkan karya inovatif
- Menumbuhkan perilaku yang berbudaya (representasi dimensi Bergotong-royong, Berkebhinekaan Global);
- Peserta didik menerapkan budaya “IMMAN” (inggih, mangga, maturnuwun, nuwun sewu)
- Peserta didik mengenakan busana tradisional gagrag Ngayogyokarta setiap Kamis Pahing
- Membudayakan senyum, sapa, salam, sopan santun (representasi dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global);
- Peserta didik melaksanakan budaya senyum, sapa, dan salam dalam perilaku sehari-hari
- Peserta didik memiliki sikap sopan santun dalam perilaku sehari-hari
- Mengembangkan lingkungan belajar yang bersih, sehat, nyaman, aman, tertib, dan menyenangkan (representasi dimensi Bergotong-royong, Bernalar Kritis, Kreatif, Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia);
- Peserta didik secara rutin melaksanakan piket harian untuk menjaga lingkungan tetap bersih, sehat, nyaman
- Peserta didik memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan tetap tertib dan menyenangkan untuk belajar
- Membudayakan sikap dan perilaku peduli lingkungan (representasi dimensi Bergotong-royong, Bernalar Kritis, Kreatif, Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia);
- Peserta didik mampu memilah dan menempatkan sampah sesuai jenisnya pada tempat sampah pilah yang sesuai
- Peserta didik peduli dan berpartisipasi dalam merawat tanaman dan lingkungan sekolah
- Peserta didik berpartisipasi dalam merawat berbagai fasilitas lingkungan
- Peserta didik mampu menempatkan sampah sesuai jenisnya pada tempat sampah yang tersedia
- Memberdayakan lingkungan sekolah sebagai media dan sumber belajar (representasi dimensi Bergotong-royong, Bernalar Kritis, Kreatif, Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia).
- Guru dan Peserta didik memanfaatkan lingkungan untuk belajar
- Peserta didik memanfaatkan berbagai jenis tanaman dan ekosistem yang tersedia di sekolah untuk praktik pembelajaran
Halaman Lainnya
Profil
SMA Negeri 9 Yogyakarta adalah sekolah barbasis seni dan budaya (the art and culture school of jogja). Sebagai salah satu sekolah di kota yogyakarta yang telah masyur dikenal masyarakat