• SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA
  • The Art and Culture School of Jogja

Visi dan Misi

VISI

Berakhlakulkarimah, unggul dalam iptek, berbudaya, dan arif terhadap lingkunganBerakhlakulkarimah, unggul dalam iptek, berbudaya, dan arif terhadap lingkungan.

Indikator Pencapaian Visi:

  1. Terwujudnya peserta didik yang beriman, bertaqwa, dan berbudi pekerti luhur  (representasi dari dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia);
  2. Terwujudnya peserta didik yang kreatif dan inovatif untuk menjadi unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (representasi dari dimensi Kreatif, Mandiri, dan Bernalar Kritis)
  3. Terwujudnya peserta didik yang berbudaya dan berkepribadian Nasional (representasi dari dimensi Bergotong-royong, Berkebhinekaan Global)
  4. Terwujudnya peserta didik yang peduli lingkungan (representasi dari dimensi Bergotong-royong, Bernalar Kritis, Kreatif, Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia)

Misi

  1. Menumbuhkan keimanan dan ketakwaan melalui pengamalan ajaran agama (representasi dimensi  Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia);
  2. Mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, emosional, intelektual, dan keterampilan peserta didik (representasi dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Bernalar kritis, Kreatif);
  3. Mengembangkan sistem pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, menyenangkan, berkeunggulan lokal dan global berbasis teknologi informasi (representasi dimensi Bernalar kritis, Kreatif, Berkebhinekaan Global);
  4. Menumbuhkan perilaku yang berbudaya (representasi Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Bergotong-royong, Berkebhinekaan Global);
  5. Membudayakan senyum, sapa, salam, sopan santun (representasi dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global);
  6. Mengembangkan lingkungan belajar yang bersih, sehat, nyaman, aman, tertib, dan menyenangkan (representasi dimensi Bergotong-royong, Bernalar Kritis, Kreatif, Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia);
  7. Membudayakan sikap dan perilaku peduli lingkungan (representasi dimensi Bergotong-royong, Bernalar Kritis, Kreatif, Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia);
  8. Memberdayakan lingkungan sekolah sebagai media dan sumber belajar (representasi dimensi Bergotong-royong, Bernalar Kritis, Kreatif, Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia).


Indikator Pencapaian Misi:

  1. Menumbuhkan keimanan dan ketakwaan melalui pengamalan ajaran agama (representasi dimensi  Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia);
    • Peserta didik berdoa sebelum melakukan aktivitas belajar
    • Peserta didik beribadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing
    • Peserta didik mengikuti kegiatan IMTAQ dengan penuh kesadaran
    • Peserta didik memiliki empati untuk berbagi ke sesama manusia terhadap berbagai kesulitan hidup dan bencana alam yang terjadi
  2. Mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, emosional, intelektual, dan keterampilan peserta didik (representasi dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Bernalar kritis, Kreatif);
    • Peserta didik memiliki sikap dan perilaku yang berbudi pekerti luhur
    • Peserta didik perperan aktif dalam kegiatan sosial di sekolah dan masyarakat
    • Lulusan yang diterima di perguruan tinggi negeri (baik dalam maupun luar negeri) selalu meningkat
    • Peserta didik berprestasi dalam berbagai lomba baik di tingkat kota, provinsi, nasional maupun internasional
  3. Mengembangkan sistem pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, menyenangkan, berkeunggulan lokal dan global berbasis teknologi informasi (representasi dimensi Bernalar kritis, Kreatif, Berkebhinekaan Global);
    • Peserta didik mampu memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran
    • Peserta didik mampu menerapkan teknologi informasi dalam memecahkan masalah sehari-hari
    • Peserta didik mampu menghasilkan karya inovatif
  4. Menumbuhkan perilaku yang berbudaya (representasi dimensi Bergotong-royong, Berkebhinekaan Global);
    • Peserta didik menerapkan budaya “IMMAN” (inggih, mangga, maturnuwun, nuwun sewu)
    • Peserta didik mengenakan busana tradisional gagrag Ngayogyokarta setiap Kamis Pahing
  5. Membudayakan senyum, sapa, salam, sopan santun (representasi dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global);
    • Peserta didik melaksanakan budaya senyum, sapa, dan salam dalam perilaku sehari-hari
    • Peserta didik memiliki sikap sopan santun dalam perilaku sehari-hari
  6. Mengembangkan lingkungan belajar yang bersih, sehat, nyaman, aman, tertib, dan menyenangkan (representasi dimensi Bergotong-royong, Bernalar Kritis, Kreatif, Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia);
    • Peserta didik secara rutin melaksanakan piket harian untuk menjaga lingkungan tetap bersih, sehat, nyaman
    • Peserta didik memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan tetap tertib dan menyenangkan untuk belajar
  7. Membudayakan sikap dan perilaku peduli lingkungan (representasi dimensi Bergotong-royong, Bernalar Kritis, Kreatif, Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia);
    • Peserta didik mampu memilah dan menempatkan sampah sesuai jenisnya pada tempat sampah pilah yang sesuai
    • Peserta didik peduli dan berpartisipasi dalam merawat tanaman dan lingkungan sekolah
    • Peserta didik berpartisipasi dalam merawat berbagai fasilitas lingkungan
    • Peserta didik mampu menempatkan sampah sesuai jenisnya pada tempat sampah yang tersedia
  8. Memberdayakan lingkungan sekolah sebagai media dan sumber belajar (representasi dimensi Bergotong-royong, Bernalar Kritis, Kreatif, Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia).
    • Guru dan Peserta didik memanfaatkan lingkungan untuk belajar
    • Peserta didik memanfaatkan berbagai jenis tanaman dan ekosistem yang tersedia di sekolah untuk praktik pembelajaran

Halaman Lainnya
Profil

SMA Negeri 9 Yogyakarta adalah sekolah barbasis seni dan budaya (the art and culture school of jogja). Sebagai salah satu sekolah di kota yogyakarta yang telah masyur dikenal masyarakat

14/09/2019 08:57 WIB - Administrator